DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MUSIK KONTEMPORER MELALUI DARING PADA KELAS XIII IPS SMA NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AINUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-18


Nisa, Ainun 1710124120001. 2021. Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Musik Kontemporer Melalui Daring Pada Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Sarjana Pendidikan Seni Pertunjukan, Program Sarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Bapak Sumasno Hadi, S.Pd.,M. Phil. dan (II) Bapak Muhammad Najamudin, M.Pd.

Respon siswa merupakan merupakan reaksi sosial yang dilakukan siswa dalam menanggapi pengaruh atau pemaparan tentang sesuatu hal dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran daring Seni Budaya materi musik kontemporer dikelas XII IPS SMA N 1 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan

adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah (1) seluruh kelas XII IPS SMA Negeri 1 Banjarmasin. (2) Guru pamong mata pelajaran Seni Budaya SMA Negeri 1 Bajarmasin. Data yang dihasilkan pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisa Miles dan Huberman (1992) : 18 mencakup 3 tahapan yaitu ; (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan data. Dalam penelitian ini, peneliti menampilkan hasil respon siswa yang ternyata kurang dan cenderung negatif terhadap pembelajara musik kontemporer melalui daring dan dibagi dalam beberapa indikator, yaitu Pemahaman Materi Musik Kontemporer melalui daring (67,09%), Kejelasan Materi Musik Kontemporer (62,49%), Kesesuaian Media yang digunakan dengan daring (68,96%), Motivasi Belajar (70,39%), Kemenarikan Materi melalui daring (70,25%), Rasa ingin tahu siswa (70,68%), Bertanya Mengenai Materi (60,34%), Menanggapi Materi (62,71%)

Kata kunci : Musik Kontemporer, Pembelajaran Daring, Respon Siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI