DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA TAMBANGAN KECAMATAN DAHA SELATAN
PENGARANG:MARIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-19


 

Maria Ulfah, 1710411120007, 2021: “Efektivitas Program Keluarga Harapan di Desa Tambangan Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan”. Dibimbing oleh M. Nur Iman Ridwan

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Tambangan Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

 

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe diskriptif.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ada tiga proses yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan verifikasi kesimpulan.

 

Berdasarkan hasil penelitian bahwa bahwa pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Tambangan sudah dapat dikatakan belum sepenuhnya efektif, dimana dilihat berdasarkan masing-masing indikator efektivitas yaitu: Pemahaman program cukup efektif meski ada beberapa hambatan komunikasi berupa pertemuan tatap muka hanya dilakukan tiga bulan sekali. Tepat sasaran belum efektif karena masih adanya permasalahan pemutakhiran data penerima bantuan PKH. Tepat waktu  dikatakan belum efektif karena masih ada keterlambatan percairan bantuan PKH. Tercapainya tujuan sudah efektif karena dana digunakan sesuai tujuan yaitu untuk pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Perubahan nyata dikatakan sudah efektif karena bantuan PKH sudah memberikan dampak positif bagi kehidupan keluarga penerima manfaat (KPM).

 

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk Unit Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (UPPKH) dan pemerintah daerah harus menjamin data lebih akurat sehingga program yang dilaksanakan lebih tepat sasaran.

 

 

 

Kata Kunci : Efektivitas, Program Keluarga Harapan, Desa Tambangan.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI