DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 BANJARMASIN
PENGARANG:AMELIA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-20


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat interaksi sosial yang rendah pada siswa di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing untuk meningkatkaninteraksi sosial pada siswa.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan intact-group comparison yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 129 orang. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 4 orang. Instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran kuesioner skala Likert untuk meningkatkaninteraksi sosial.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji T-test yang menunjukan bahwa Thit > Ttab (8 > 4,303 dengan probabilitas kesalahan 0,05 atau 5%). Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti teknik Role Playing dalam layanan konseling kelompok  efektif terhadap peningkatan interaksi sosial siswa.

Diharapkan dengan adanya penelitian ini terutama untuk guru BK dapat mengimplementasikan teknik role playing secara inovatif pada siswa untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan tahap-tahap pelaksanaan teknik role playing dan mampu mencari planning  jika terjadi suatu hambatan dalam pelakasanaan layanan konseling kelompok menggunakan teknik role playing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI