DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA BIMBINGAN DI PANTI SOSIAL BINA WANITA (PSBW) MELATI KOTA BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MAIMUNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-21


      Maimunah, 2021. Pola Bimbingan di Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati Kota Banjarbaru sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing I: Drs. Heru Puji Winarso, M.S.i dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

 Kesejahteraan sosial merupakan suatu keadaan terpenuhinya kebutuhan hidup yang layak bagi masyarakat, Pemerintah berperan penting dalam menciptakan kesejahteraan di masyarakat diantaranya dengan melalui pelayanan sosial. Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati tidak hanya dimanfaatkan  sebagai wadah untuk menampung para wanita, selain itu pada aspek pembelajaran hal tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1)Mendeskripsikan Profil Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati di Banjarbaru. (2) Mendeskripsikan pola bimbingan di Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati di Banjarbaru. (3) Mendeskripsikan keterkaitan pola bimbingan di Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati di Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah didapat kemudian direduksi dan disajikan dalam bentuk narasi dilengkapi dengan gambar dan tabel relevansi materi sesuai dengan kompetensi dasar lalu kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1)Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati Provinsi Kalimantan Selatan menjadi unit pelaksana teknis yang dibangun bertujuan untuk Terwujudnya kesetaraan dan kemandirian wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) agar dapat berperan aktif dalam pembangunan bermasyarakat. 2) Pola bimbingan di Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati di Banjarbaru dapat dilihat adanya bimbingan fisik, bimbingan mental spiritual, bimbingan sosial,dan bimbingan keterampilan 3) Keterkaitan pola bimbingan di Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati di Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS pada  materi Interaksi Sosial di kelas VII

Kata Kunci: Panti Sosial, Bimbingan dan Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI