DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menggunakan Model POKEMON (Kerjasama Kelompok [Cooperative Learning], Make A Match, Demonstration) Pada Kelompok B TK Cahaya Abadi Hulu Sungai Tengah | |
PENGARANG | : | NURUL FAUZATUN NISA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-10-21 |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak
khususnya dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Penyebabnya
adalah metode pembelajaran kurang tepat sehingga hanya terpusat pada guru dan
media pembelajaran yang kurang menarik. Untuk mengatasi hal tersebut maka
diperlukan adanya peningkatan menggunakan model POKEMON (kerjasama
kelompok/cooperative learning, make a match, demonstration). Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan perkembangan
kognitif anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek
penelitian ini adalah anak kelompok B TK Cahaya Abadi Hulu Sungai Tengah yang
berjumlah 8 anak. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas anak,
serta lembar kerja anak secara berkelompok. Analisis data secara kualitatif aktivitas
guru mencapai > 20 dengan kriteria “baik”, aktivitas anak memperoleh > 10 dengan
kriteria “aktif”, dan hasil perkembangan kognitif anak mendapat kriteria
berkembang sesuai harapan (BSH).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan
terlaksana dengan sangat baik, sementara itu aktivitas anak mengalami peningkatan
menjadi aktif dan sangat aktif, serta perkembangan kognitif juga mengalami
peningkatan dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan model POKEMON (kerjasama kelompok/cooperative
learning, make a match, demonstration) hasil aktivitas guru terlaksana dengan
sangat baik, aktivitas anak dan perkembangan kognitif anak mengalami
peningkatan. Dengan penelitian ini pula dapat dijadikan sebagai upaya
memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran di
sekolah.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI