DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS SUMBER DAYA APARATUR DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DAN TENAGA KERJA (DPMPTSP-NAKER) DALAM PEMBERIAN SURAT IJIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:MUBARIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-21


ABSTRAK

Mubarika, 1720421320023, 2021. Kualitas Sumber Daya Aparatur Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker ) dalam Pemberian Surat Ijin Usaha Perdagangan ( SIUP ) di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dibimbing oleh Andi Tenri Sompa selaku Pembimbing 1 dan Siswanto Rawali selaku Pembimbing 2.

Permasalahan selama ini kualitas SDM masih kurang menunjang pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-NAKER) Dalam Pemberian Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kemampuan pegawai tersebut penting memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga dapat memberikan dampak pada pemerintahan yang dapat dipercaya masyarakat dalam melakukan pengurusan.

Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala dinas, kabid perijinan dan pegawai, serta masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai kurang ahli dalam melaksanakan tugas dan kurang respon yang baik dalam bekerja sehingga pelayanan dan dari tingkat kecepatan dan tepatan dalam pengurusan SIUP kepada masyarakat yang diberikan kurang akurasi. Pegawai kurang kompetensi dalam melaksanakan tugas. Pengurusan kurang cepat dan tanggap diberikan terkadang prosedur pelayanan yang diberikan terkadang masih berbelit belit. Mereka terkadang cukup sopan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan akta penikahan. Kemampuan Pegawai dalam berkomunikasi kurang sehingga masyarakat terkadang ada miskomunikasi dalam pelaksanaan tugas yang diberikan pimpinnan dalam pengurusan SIUP. Fasilitas fisik seperti fasilitas ruang tunggu belum memadai untuk Melayani Masyarakat di Kabupaten HSS yang setiap hari makin banyak untuk berurusan dan operatornya yang masih kurang dalam menggunakannnya sehingga antrian semakin banyak dan menumpuk dalam pengurusan SIUP.

Kata Kunci: Kualitas Sumber Daya, aparatur, Pemberian Surat Ijin Usaha Perdagangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI