DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL MELALUI KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA REALIA KELOMPOK A TK KARTIKA BINUANG
PENGARANG:NABIELA ISNIE RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-22


Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam kemampuan literasi finansial pada kelompok A TK Kartika Binuang masih sangat rendah hal ini terlihat dari 75% anak belum mampu mengenal konsep uang dan anak belum mampu menggunakan uang dengan baik karena kelompok A TK Karttika Binuang belum pernah melaksanakan pendidikan literasi finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis kemampuan lierasi finansial anak. Salah  satu upaya yang dilakukan yaitu menggunakan kombinasi model direct instruction dan metode bermain peran dengan media realia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A TK Kartika Binuang  sebanyak 5 anak. Indikator keberhasilan guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai skor 24-28 dengan  kriteria sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabilasecara  individual berada pada 80%  dengan kategori sangat aktif dan secara klasikal 80%  kategori  hampir seluruh anak aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥80% atau mendapat skor 3 dan 4  BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru  mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak mencapai indikator keberhasilan dengan kategori Sangat Aktif dan  hasil perkembangan kemampuan literasi finansial anak mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu 100% anak memperoleh kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH)  dan Berkembang Sangat Baik (BSB)

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui kombinasi model direct instruction dan  metode bermain peran dengan media realia dapat mengembangkan kemampuan literasi finansial pada anak kelompok A TK Kartika Binuang dengan ini diharapkan guru dapat menggunakan model ini sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan capaian perkembangan kemampuan literasi finansial.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI