DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELAUI KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN METODE BERCERITA DENGAN CERITA RAKYAT PADA KELOMPOK B TK MELATI HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:SAMIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-22


 

ABSTRAK

 

Samiyah. 2021. Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Kombinasi Model Direct Instruction Dan Metode Bercerita Dengan Cerita Rakyat Pada Kelompok B Tk Melati Sungai Dalam. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP Banjarmasin. Pembimbing Chresty Anggreani, M.Pd.

 

Kata Kunci : Sikap Toleransi, Model Direct Instruction, Metode Bercerita Dengan Cerita Rakyat.

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah aktivitas anak dalam sikap toleransi dalam aspek sosial emosional pada kelompok B Tk Melati Sungai Dalam yang mengakibatkan aktivitas anak di bawah indikator. Permasalahan di disebabkan oleh  kurangnya kegiatan atau materi sekolah sehingga anak hanya belajar dan mengetahui dari segi penjelasan saja tidak secara konkret sehingga yang didapat tidak bertahan lama dan hanya sebagai sebatas pengetahuan terutama dalam hal memahami prilaku mulia sersikap toleran. Maka solusinya sikap toleransi harus ditanamkan sejak sedini mungkin kepada anak salah satunya dengan melalui kombinasi model Direct Instruction dan  metode Bercerita dengan cerita rakyat.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis kemampuan sosial emosional anak dalam melaksanakan proses belajar mengajar dalam menunjukkan sikap toleransi melalui kombinasi kombinasi  model Direct Instruction dan  metode Bercerita dengan cerita rakyat pada kompok B Tk Melati Sungai Dalam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 6 pertemuan, dilaksanakan di Tk Melati Sungai Dalam yang berjumlah 6 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil capaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Dalam Sikap toleransi yang didapat melalui angket Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 100%  anak mencapai indikator.

 

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui kombinasi model Direct Instruction dan Metode Bercerita Dengan Cerita Rakyat Pada Kelompok B Tk Melati Sungai Dalam dengan dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil capaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Dalam Sikap toleransi.

 

Disarankan kepada guru Tk Melati Sungai Dalam khususnya pada peningkatan sikap toleransi dengan mengoptimalkan penggunaan model Direct Instruction dan Metode Bercerita Dengan Cerita Rakyat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI