DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL WORD SQUARE, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, DAN NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS 4 SDN MARABAHAN BARU
PENGARANG:MUHAMMAD KHAIRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-22


 

ABSTRAK

 

 

 

Khairi, Muhammad. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Model Word Square, Contextual Teaching and Learning, dan Numbered Head Together Siswa Kelas IV SDN Marabahan Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd

 

 

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Word Square, Contextual Teaching and Learning, dan Numbered Head Together.

 

 

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah siswa yang bersifat pasif, rendahnya minat belajar siswa dan mudah bosan dalam belajar, penguasaan yang masih kurang terhadap muatan PKn pada tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SDN Marabahan Baru yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pencapaian KKM. Penyebab dari masalah tersebut adalah siswa yang kurang terlibat aktif, penggunaan model pembelajaran yang masih kurang maksimal dalam memahami karakteristik siswa. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Word Square, Contextual Teaching and Learning, dan Numbered Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SDN Marabahan Baru.

 

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Marabahan Baru yang berjumlah 15 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes tertulis. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 82% siswa mencapai KKM nilai 65.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan 2 memperoleh kriteria “Baik”, dan pertemuan 3 memperoleh kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan 2 memperoleh kriteria “Aktif”, dan pertemuan 3 memperoleh kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 53%, pada pertemuan 2 mencapai  73% dan pertemuan 3 meningkat menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model pembelajaran Word Square, Contextual Teaching and Learning, dan Numbered Head Together pada siswa kelas 4 SDN Marabahan Baru aktivitas guru dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas, aktivitas siswa meningkat, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI