DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DESA SUNGAI CUKA KECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU TAHUN 2000 - 2015
PENGARANG:MUHAMMAD LAMSI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-24


 

ABSTRAK

 

Muhammad Lamsi, 2021. Kehidupan Ekonomi Masyarakat Nelayan Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu ( Pembimbing I Drs. Hairiyadi, M.Hum. Pembimbing II Mansyur, S.Pd., M.Hum)

 

Desa Sungai Cuka di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu merupakan daerah penghasil ikan. Nelayan Desa Sungai Cuka tergolong masyarakat miskin karena hasil tangkapannya sangat bergantung pada musim, cuaca, dan alat tangkap yang masih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan ekonomi masyarakat nelayan, kendala yang dihadapi dan usaha untuk meningkatkan taraf hidup nelayan di Desa Sungai Cuka, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode sejarah yang memiliki tahapan heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber lisan sebagai sumber utama melalui wawancara dengan narasumber yang dipandang kompeten, serta sumber sekunder dari data badan pusat statistik, buku-buku, arsip, daerah, serta foto. Setelah itu dilakukan perbandingan terhadap sumber-sumber yang dikumpulkan untuk menentukan sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan sebagai skripsi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehidupan ekonomi masyarakat bergantung pada hasil tangkapan yang tak menentu. Nelayan Desa Sungai Cuka mengalami beberapa kendala untuk meningkatkan taraf hidup berupa kondisi alam, sumber daya manusia rendah, tingkat pendapatan rendah, teknologi yang masih sederhana, kebijakan pemerintah setempat yang belum tepat sasaran, serta sarana dan prasarana yang belum mendukung. Kemudian usaha masyarakat nelayan Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu untuk meningkatkan taraf hidup dengan cara, mengembangkan  teknologi penangkapan ikan, perlunya pemberian akses modal, mengembangkan sarana pemasaran, pelatihan dari Dinas Kelautan, penguatan kelembagaan para nelayan dan masyarakat pesisir, pembangunan sarana dan prasarana penunjang usaha perikanan, serta peran istri nelayan.

 

Kesimpulan penelitian, masyarakat nelayan Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu termasuk kategori miskin, karena berbagai kendala dalam penangkapan ikan, namun mereka tetap berusaha untuk meningkatkan taraf hidup.

 

Kata Kunci : Masyarakat Nelayan, Kehidupan Ekonomi,

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI