DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PERANAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN MATA KULIAH PENGANTAR ILMU EKONOMI TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2016-2017 | |
PENGARANG | : | ULVIA ANDINI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-10-25 |
UlviaAndini. 1610113120022. 2016. PerananMata Kuliah Kewirausahaan dan Mata Kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan EkonomiAngkatan2016-2017.Di bawahbimbingan Prof. Dr. H. RizaliHadi, MMsebagai pembimbing.
Kata Kunci: Mata Kuliah, Kesiapan Berwirausaha
Penelitimenemukanmasalahyaitubanyaknya mahasiswasetelahlulus dari perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan, bahkan mahasiswa lebihmemilihmenunggu pekerjaandaripada menciptakanlapanganpekerjaanhal inidikarenakankurangnya kesiapandalamberwirausaha sehingga dapat meningkatkanpengangguran.Adapunmata kuliahkewirausahaandanmata kuliah pengantarilmuekonomidapatberperan membantu dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa dalamberwirausaha.Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuisecara parsialmaupunsecara simultanterdapatpengaruhmatakuliahkewirausahaandan mata kuliahpengantarilmuekonomiterhadapkesiapanberwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomiangkatan2016-2017.
Metode penelitianyangdigunakanadalah metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitaif. Populasidalam penelitian iniadalahseluruh mahasiswa pendidikanekonomiangkatan 2016-2017yangberjumlah111orang mahasiswa. Teknik sampel digunakan adalah sampel cluster. Teknik pengumpulandatayangdigunakanyaituteknikkuesioner (angket),dan dokumentasi.Teknik analisa yang digunakanadalahanalisisregresiliniear berganda.
Hasil penelitian untuk mata kuliah kewirausahaan dan mata kuliah pengantarilmuekonomiterhadapkesiapanberwirausahamahasiswapendidikan ekonomiangkatan2016-2017.Pengaruhsecaraparsialdiketahuidenganujithasil analisisnya rhitung 0,227 > rtabel 0,184 artinyaterdapat pengaruh yang signifikan antaraX1terhadapY,danhasilanalisis0,269 > rtabel 0,184 artinyaterdapat pengaruhyangsignifikanantaraX2danY.Secarasimultanataubersama-sama denganujiFyanghasilanalisisnyaFhitung sebesar28,92>Ftabel 3,08sehingga dapatdisimpulkanbahwaX1danX2secarabersama-samaberpengaruhterhadap Y. Besarnyapengaruhsimultanmatakuliahkewirausahaandanmatakuliah pengantar ilmu ekonomi terhadap kesiapan berwirausaha adalah 34,9%. Sedangkansisanyasebesar65,1%dipengaruhiolehfaktorlainyangtidakdikaji dalam penelitian ini.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI