DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI ANTARA PENGGUNAAN INSTAGRAM DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA MAHASISWA FKIP ULM ANGKATAN 2019
PENGARANG:AIDA RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-25


 

Kata Kunci : Penggunaan Instagram, Kontrol Diri, Fear of Missing Out.

 

 

 

              Fear of Missing Out merupakan suatu perasaan takut kehilangan sesuatu yang ditandai dengan rasa gelisah saat membuka media sosial apabila tidak mendapatkan informasi terbaru dan takut tidak terhubung dengan orang lain membuat orang tersebut  selalu memeriksa media sosialnya agar tetap update. Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan kontribusi penggunaan Instagram dan Kontrol Diri terhadap perilaku Fear of Missing Out.

 

              Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini ditemukan 1.744 orang mahasiswa FKIP ULM Angkatan 2019, kemudian ditariklah 252 orang sampel penelitian menggunakan teknik penarikan sampel dengan cara simple random sampling. Teknik analisis data dimulai dari uji instrumen data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedestisitas, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda.

            Hasil penelitian ini  menemukan bahwa penggunaan Instagram diklasifikasikan sedang, Kontrol Diri diklasifikasikan tinggi, dan Fear of Missing Out diklasifikasikan sedang. Kemudian juga terdapat kontribusi penggunaan Instagram terhadap perilaku Fear of Missing Out, terdapat kontribusi kontrol Diri terhadap perilaku Fear of Missing Out, dan juga kontribusi penggunaan Instagram dan Kontrol Diri terhadap perilaku Fear of Missing Out. Sehingga penelitian ini dapat disarankan kepada beberapa pihak terutama yang memiliki hubungan dengan permasalahan dalam penelitian ini yaitu seperti Dosen, Mahasiswa, dan peneliti selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI