DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TALKING STICK DIKOMBINASIKAN DENGAN MEDIA RODA BERPUTAR DI KELAS V SDN HAMBUKU LIMA
PENGARANG:HERLYNDA MARATUS SHALEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-25


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa yang disebabkan pembelajaran bersifat monoton karena kurangnya penerapan model pembelajarn yang inovatif, pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan, serta siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL), Roda Berputar, dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Hambuku Lima, yang berjumlah 11 orang siswa terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperolehkriteriabaik,adapunpadapertemuan2,dan3mencapaikriterasangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 72,73%, pertemuan 2 memperoleh 81,82%, dan pertemuan 3 mencapai 100,00%. Hasil belajar siswapun menunjukkan peningkatan dimana pada hasil belajar aspek kognitif pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 72,73% hingga 100,00%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dari Problem Based Learning (PBL) dan Talking Stick  dikombinasikan dengan media Roda Berputar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan agar penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI