DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH STRUKTUR BATUAN PADA HASIL PELEDAKAN BATUGAMPING DI PT. PAMA INDO MINING, DESA SIDOMULYO, KECAMATAN KELUMPANG HULU, KABUPATEN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:TEGUH RAHAYU NOVIE SUFIEAWAN
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-02-26


Kegiatan penambangan PT. PAMA INDO MINING menggunakan metode Quarry dan proses pembongkaran material limestone menggunakan metode blasting agar memenuhi target produksi dan memperlancar proses pemuatan dan pengangkutan. Masalah yang sering timbul pada penambangan adalah adanya rongga - rongga sehingga menyulitkan proses charging yang berujung pada diperolehnya ukuran fragmen hasil blasting batugamping yang tidak sesuai dengan ukuran gate crusher pada proses peremukan.
Analisa fragmentasi mengunakan tiga variabel yaitu Teoritis Kuz-Ram Hitungan, Teoritis Kuz-Ram Software dan Software Image Analysis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui persentase fragmentasi hasil peledakan. Pengukuran kekar menggunakan kompas Brunton sedangkan untuk penggambaran jenjang menggunakan AutoCAD dan DIPS.
Hasil pengukuran Persentase Fragmentasi lolos dari 4 lokasi peledakan dengan ukuran 80 cm dan x rata-rata (cm) didapatkan Quarry Disposal sebesar 86% dan 43 cm, Pencil sebesar 91% dan 37 cm, Bukit 2 sebesar 88% dan 41 cm, 3B Kanan sebesar 80% dan 56 cm. Arah peledakan berdasarkan struktur batuan yang ada di daerah penelitian mengikuti arah free face yang sudah ada pada Quarry Disposal, Pencil dan Bukit 2 masing - masing yaitu N47?E, N349?E dan N127?E. Sedangkan pada Quarry 3B Kanan direkomendasikan ke arah N322?E sehingga energy peledakan akan menyebar lebih efisien dan meminimalkan perpotongan oleh kekar.
Kata Kunci :
Arah Peledakan, Kekar, Fragmentasi, Image Analysis, Kuz-Ram, Rock Factor

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI