DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE, DIRECT INSTRUCTION DAN PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B3 RA DATU ABULUNG BANJARMASIN
PENGARANG:HIZRATUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-25


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan motorik halus anak dalam melipat yang masih belum berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan motorik halus anak melalui pembelajaran menggunakan model picture and picture, direct intruction, pemberian tugas dan media papan kreativitas.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan pada ajaran 2020/2021. Setting penelitian ini adalah anak kelompok B3 RA Datu Abulung Banjarmasin sebanyak 5 orang. Data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan lembar hasil capaian perkembangan beserta rubrik penilaian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan, pada aktivitas guru sampai kriteria sangat baik. Capaian aktivitas anak sampai kriteria aktif. Hasil perkembangan motorik halus anak sampai dengan berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat kertas origami menggunakan model picture and picture, direct intruction, pemberian tugas dan media papan kreativitas dapat meningkatkan perkembangan motorik halus. Saran bagi guru adalah sebagai bahan pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan perkembangan aspek motorik halus anak dalam kegiatan melipat kertas origami. Bagi kepala sekolah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dan informasi mengenai model, metode dan media yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain adalah sebagai  masukan yang dapat menjadi alternatif  dalam pengembangan pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI