DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN KETERAMPILAN TATA RIAS WAJAH UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLBN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ILHAM NOOR FAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-25


 

ABSTRAK

 

Ilham Noor Fahmi, 2020. Pembelajaran Keterampilan Tata Rias Wajah Untuk Anak Tunarungu di SLBN 2 Banjarmasin. Skripsi, program studi Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. Utomo, M. Pd dan Pembimbing II: Septi Ariyanti, M. Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Tata Rias Wajah, Tunarungu.

 

 

 

Realitas di lapangan bahwa anak tunarungu akan lebih mudah menerima pembelajaran dengan metode visual motorik sehingga pembelajaran keterampilan akan lebih efektif bagi anak tunarungu, salah satu pembelajaran keterampilan tersebut yaitu pembelajaran keterampilan tata rias. Seperti yang ada pada SLBN 2 Banjarmasin, di sana pembelajaran keterampilan memiliki hari khusus untuk pembelajaran tersebut, hasil dari studi pendahuluan ditemukan hal yang menarik dari pembelajaran keterampilan tata rias wajah dilakukan secara berkelanjutan hingga menyelesaikan suatu jenjang studi sehingga diharapkan  mampu memberi bekal skill bagi mereka yang nantinya akan terjun kemasyarakat sehingga mereka dapat memberikan manfaat bagi sekitar serta menjadi bekal ketika  menghadapi dunia kerja nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran keterampilan tata rias wajah yang ada di sekolah tersebut.

 

 

 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif.Narasumber pada penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu guru keterampilan, kepala sekolah, dan anak tunarungu.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan member check.

 

 

 

Hasil penilitian pembelajaran keterampilan tata rias wajah yang ada di SLBN 2 Banjarmasin terdiri dari tiga tahapan yaitu; tahap pertama proses penerimanaan siswa akan diarahkan untuk memilih keterampilan mana yang sesuai dengan bakat dan keinginan serta pembuatan perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik, selanjutnya proses pembelajaran keterampilan proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan silabus yang telah dibuat seperti berdoa, presensi, pengulangan materi, penyampaian materi, tanya jawab, dan penutup, tahap terahir yaitu Evaluasi pembelajaran. Dilengkapi dengan Fasilitas yang memadai dan ruangan yang nyaman untuk belajar tata rias juga menjadi suatu cara agar pembelajaran berjalan efektif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI