DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANGKA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER, TALKING STICK DAN PERMAINAN BENDERA PINTAR PADA KELOMPOK B1 DI RA NURUL IMAN BANJARMASIN
PENGARANG:FITRIA CARDONA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-26


ABSTRAK

Cardona, Fitria. 2021. Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Melalui Model Numbered Head Together, Talking Stick Dan Permainan Bendera Pintar Pada Kelompok B1 Di R.A Nurul Iman Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Maimunah, M.Pd.

Kata Kunci: Membilang Angka, Numbered Head Together, Talking Stick Dan Permainan Bendera Pintar.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membilang angka. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan bersifat satu arah, bersifat abstrak, anak cepat merasa bosan, kurangnya keterlibatan anak dalam pembelajaran dan anak tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas anak yaitu melalui model pembelajaran Numbered Head Together, Talking Stick dan Permainan Bendera Pintar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah kelompok B1 di R.A Nurul Iman Banjarmasin tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang dijawab adalah menggunakan lembar observasi dan lembar kerja anak. Analisis data dilakukan dengan teknik Deskriptif dan Croos Tabel. Indikator keberhasilan aktivitas guru dapat dikatakan berhasil jika mencapai kriteria sangat baik, dan aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase ≥ kategori aktif dan sangat aktif dan hasil perkembangannya minimal dan mencapai ??? (BSH) dan ???? (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 21 hingga 28 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 33,3% hingga 75% dengan kriteria Aktif. Capaian perkembangan siswa pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 50% hingga 75%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran  numbered head together, talking stick dan permainan bendera pintar pada kelompok b1 di R.A Nurul Iman Banjarmasin dalam membilang angka mengalami perkembangan.  Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas anak khususnya dalam membilang angka.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI