DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MTK, MIND MAPPING, TALKING STICK, STUDENT TEAM ACHEIVEMENT DIVISION (STAD)
PENGARANG:SURIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-26


ABSTRAK

 

Surian, 2021.Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Muatan PKn Tema Indahnyanya Kebersamaan Menggunakan Kombinasi Model MTK, Mind Mapping, Talking Stick, Student Team Acheivement Division (STAD) Pada Kelas IV SDN Jambu Hulu Muka Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai SelatanSkripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. PembimbingAmberansyah, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci :Aktivitas Belajar siswa MTK,Mind Mapping, Talking Stick, Student Team Acheivement Division (STAD)

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar  dan Hasil belajar siswa Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran masih bersifat konvensial, model pembelajaran kurang bervariasi dan menarik,  pembelajaran  masih berpusat pada guru. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa yaitu melalui penggunaan model pembelajaran MTK, Mind Mapping, Talking Stick, Student Team Acheivement Division (STAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jambu Hulu Muka tahun pelajaran2020/2021 sebanyak 12 orang siswa terbagi 7 laki-laki dan 5 Perempun. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh tes tertulis Hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas Guru pada pertemuan I sampai III meningkat dari skor 24 menjadi skor 30. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai III meningkat dari 60% menjadi 70%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sampai 3 terjadi peningkatan dari 50% hingga 65%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 sampai III meningkat dari 65% menjadi 75% secara klasikal.

Berdasarkan pertemuan ini dapat disimpulkan bahwa model MTK, Mind Mapping, Talking Stick,Student Team Acheivement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, Dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI