DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR, NONLOKOMOTOR, DAN MANIPULATIF PADA SISWA SDN TAMBALANGAN DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:MUZIBURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-26


ABSTRAK

MUZIBURRAHMAN, NIM 1710122210030, Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Pada Siswa SDN Tambalangan Di Lingkungan Lahan Basah Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Ar. Shadiqin, M.Kes., AIFO, (II) Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd.

            Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK yang dipengaruhi sekolah SDN Tambalangan, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara yang berada di lahan basah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif siswa SDN Tambalangan, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes motor ability dari Nurhasan. Populasi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN Tambalangan dengan total 44 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif siswa SDN Tambalangan, secara rinci sebagai berikut: klasifikasi kategori “sangat tinggi” sebesar 0%, “tinggi” sebesar 11,4% (5 siswa), “sedang” sebesar 81,8% (36 siswa), “rendah” sebesar 6,8% (3 siswa), “sangat rendah” 0%. Kesimpulan kemampuan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif siswa SDN Tambalangan, Kecamatan Amuntai Tengah adalah berada di klasifikasi kategori “sedang” yaitu sebesar 81,8%.

Kata Kunci : Gerak Dasar, lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif, lahan basah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI