DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRUKTUR PENYAJIAN “FEATURE” MAHASISWA ANGKATAN 2018 PS-PBSI JURUSAN PBS FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:LIKINA YUSUFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-26


ABSTRAK

Yusufa, Likina. 2021. Struktur Penyajian “Feature” Mahasiswa Angkatan 2018 PS-PBSI, Jurusan PBS, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan PBS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum., (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

 

Kata kunci : struktur penyajian, feature

 

Feature merupakan tulisan jurnalistik yang berisi perpaduan berita dan opini dengan dituturkan. Tujuan feature ialah untuk memberi informasi dan inspirasi kepada pembaca. Dalam feature terdapat struktur penyajian berupa judul, teras, isi, dan penutup. Kemenarikan dalam bagian struktur dapat memengaruhi tulisan feature.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur penyajian feature Mahasiswa Angkatan 2018 PS-PBSI, Jurusan PBS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Alasan penelitian ini dilakukan agar dapat menjadi acuan untuk penulisan feature mendatang.

Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif yang mendeskripsikan struktur penyajian feature. Data penelitian ini ialah hasil tulisan feature mahasiswa Angkatan 2018 PS-PBSI. Data penelitian bersumber dari hasil unjuk kerja peserta mata-kuliah Menulis Populer tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menggunakan bantuan instrumen kartu indeks. Teknik analisis dalam penelitian ini mengacu kepada kajian analisis deskriptif melalui beberapa tahap, yaitu (1) mengidentifikasi data feature mahasiswa berdasarkan struktur penyajian feature., (2) menginterpretasi struktur penyajian feature., (3) mendeskripsikan hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tulisan mahasiswa terdapat tujuh jenis feature, yakni (1) minat insani, (2) di balik layar, (3) kiat, (4) cerita bisnis, (5) Profil feature, (6) cerita orang pertama, dan (7) sejarah. Bagian judul masih terdapat kekurangan dalam syarat penulisan yakni, merujuk bahasa baku yang hanya terpenuhi enam belas tulisan dari tiga puluh tulisan mahasiswa dan syarat kemenarikan teras pada bagian keanehan yang hanya tercapai sebanyak lima tulisan dari tiga puluh tulisan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada 30 tulisan mahasiswa memiliki struktur lengkap, karakteristik terpenuhi, dan kemenarikan pada judul dan teras yang lengkap dari 30 tulisan mahasiswa, yakni 4 dari 8 syarat pada judul dan 3 dari 6 syarat pada teras.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI