DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KOMISARIS INDEPENDEN, DEBT TO ASSET RATIO DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2019)
PENGARANG:NUR SEPTIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-26


ABSTRAKSI 

Nur Septiani (2021), Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Debt to Asset Ratio dan Return On Assets Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). Pembimbing: Dr. Hj. Ade Adriani, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan agar peneliti dapat mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh kepemilikan manajerial, komisaris independen, debt to asset ratio dan return on assets terhadap konservatisme akuntansi.

Perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2016 hingga 2019 adalah populasi dalam penelitian ini. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang digunakan berjumlah 27 perusahaan dalam penelitian ini dengan periode observasi selama 4 tahun. Sehingga, data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah data sekunder yang diperoleh dari idx dan website perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan spss versi 26.

Penelitian terhadap hipotesis yang diajukan menunjukkan hasil bahwa komisaris independen dan return on assets berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan kepemilikan manajerial dan debt to asset ratio tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi.

Kata Kunci: konservatisme akuntansi, kepemilikan manajerial, komisaris independen, debt to asset ratio dan return on assets.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI