DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA SMAN BANUA KALIMANTAN SELATAN BILINGUAL BOARDING SCHOOL | |
PENGARANG | : | NURNAFIASARI CAHAYATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-10-27 |
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR
DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA SISWA SMAN
BANUA KALIMANTAN SELATAN BILINGUAL BOARDING SCHOOL
Nurnafiasari Cahayati
Siswa dalam sekolah berasrama perlu menjalani proses belajar dengan baik, namun seringkali kesulitan beradaptasi dengan lingkungan, sehingga diperlukan adanya kesejahteraan psikologis yang baik. Kesejahteraan psikologis yang baik berkaitan dengan regulasi diri dalam belajar yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dalam belajar dengan kesejahteraan psikologis pada siswa kelas XI dan XII SMAN Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala penelitian berupa skala regulasi diri dalam belajar dan skala kesejahteraan psikologis. Metode analisis data menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai korelasi r = 0,548 dengan sig. 0,000 (p < 0,05) artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan kesejahteraan psikologis pada siswa SMAN Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI