DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PERKEMBANGAN?TEKNOLOGI MUATAN PKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL?PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL),?DAN SCRAMBLE DI KELAS III SDN SUNGAI LAKUM 2? BANJARMASIN
PENGARANG:TUTUT SETYA NINGRUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yaitu dari KKM yang ditetapkan sekolah ≥70 mencapai ketuntasan hanya 47% (10 orang dari 21 siswa),siswa kurang memahami isi materi, siswa kurang kerjasama dalam belajar, dan kurang percaya diri. Disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa belum belajar contoh konkret, siswa cepat bosan belajar. Hal ini akan di perbaiki dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan Scramble dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar, siswa Tema 7 Perkembangan Teknologi muatan PKN. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas III semester genap tahun ajaran 2019/2020 pada SDN Sungai Lakum 2 Kabupaten Banjar dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa dan butir-butir soal untuk hasil evaluasi belajar siswa. Cara pengumpulan data menggunakan distribusi, frekuensi, persentase, dan deskripsi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 81%, pertemuan 2 mencapai 86%, dan pertemuan 3 mencapai 81%.

Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tema 7 Perkembangan Teknologi muatan PKN dan hipotesis diterima serta bisa dijadikan saran yaitu alternatif kepada pihak sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam menginovasi pembelajaran disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI