DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI KECEMASAN SOSIAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA MAHASISWA FKIP ULM ANGKATAN 2019
PENGARANG:MUHAMMAD HAFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


Muhammad Hafi 2021. Kontribusi Kecemasan Sosial dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Public Speaking Pada Mahasiswa FKIP ULM Angkatan 2019. Pembimbing: (I) Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi., M.Pd. (II) Dr. Ali Rachman, M.Pd.

Kata Kunci : Kecemasan Sosial, Kepercayaan Diri, Kemampuan Public Speaking.

Kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking penting bagi setiap individu, tidak hanya digunakan untuk proses belajar mengajar, namun juga dapat digunakan pada saaat melakukan wawancara kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi kecemasan sosial terhadap kemampuan public speaking, kontribusi kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking, dan kontribusi antara kecemasan sosial dan kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpul data menggunakan angket dan teknik penarikan sampel dengan cara proportional random sampling terdiri dari 289 orang mahasiswa FKIP ULM angkatan 2019 yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, regresi liniear sederhana, dan regresi liniear berganda.

Hasil penelitian menyatakan, ada kontribusi kecemasan sosial terhadap kemampuan public speaking sebesar 25,5 %, selanjutnya ada kontribusi kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking sebesar 32,4 %, dan ada kontribusi antara kecemasan sosial dan kepercayaan diri terhadap kemampuan pubic speaking sebesar 47,2 %. Maka disarankan untuk mahasiswa mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan dirinya serta mengurangi segala bentuk kecemasan sosial, agar kemampuan public speakingnya jauh lebih baik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI