DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA 7 MENGGUNAKAN MODEL LEMSTICK
PENGARANG:MISNADI MAHRUSSALAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


 

ABSTRAK

Mahrussalam, Misnadi. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPS Tema 7 Menggunakan Model Lemstick.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Asrani, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas belajar, Hasil Belajar Siswa, Model Lemstick.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di kelas IVB SDN Anjir Serapat Muara pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Hal ini dikarenakan saat pembelajaran masih terpusat pada guru, suasana pembelajaran yang tidak kondusif, cenderung bosan satt kegiatan pembelajaran berlangsung, pembelajaran yang masih bersifat abstrak, dan materi sulit dipahami. Untuk itu, digunakan kombinasi model LEMSTICK dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas IVB SDN Anjir Serapat Muara semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 15-24 dengan kriteria sangat baik, karena guru selalu melakukan refleksi di setiap pertemuan. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% hingga 100% dengan kriteria sangat aktif, karena siswa aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. hasil belajar kognitif dari 38% hingga 100%, afektif dari 50% hingga 94%, psikomotorik dari 44% hingga 94%. Disebasbkan meningkatnya kualitas guru yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan kombinasi model Lemstick dapat meningkatkan aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi dan salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas siswa secara aktif dalam proses pembelajaran .


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI