DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISI LAPORAN PERTANGGUNG JAWAB REALISASI PELAKSANAAN APBDes 2018 (Studi Pada Desa Handil BIrayang Bawah Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut)
PENGARANG:SORAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


ABSTRAKSI

Soraya (2019). Analisis Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa 2018 (Studi Pada Desa Handil Birayang Bawah Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut). Pebimbing Muhammad Hudaya, SE, MM, P.Hd

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian pelaporan Pertanggungjwaban yang terdiri dari: (1) Laporan Pertanggungjawaban  Realisasi Pelaksanaan APBDesa (2) Laporan Kekayaan Milik Desa (3) Laporan Program Pemerintah dan Pemerintah Daerah Yang Masuk ke Desa.

Penelitian ini dilakukan di Kantor Balai Desa Handil Birayang Bawah Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian yang dilakukan di Desa Handil Birayang Bawah bahwa permasalahan yang didapatkan adalah laporan pertanggungjawaban APBDesa tidak sepenuhnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2014. Prosuder yang ditetapkan dari pemerintah sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaan prosuder. Penyebab pembuatan laporan pertanggugjawaban kurang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri karena pembuat laporan pertanggungjawaban bukan dari lulusan S1 Akuntansi yang mengerti cara pembuatan sehingga mengurangi banyaknya kesalahan. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi kesalahan adalah sering dilakukannya evaluasi dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban.

Kata Kunci: Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa, Desa Handil Birayang Bawah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI