DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:Rini Aprianti
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-02-26


Latar belakang: Diabetes mellitus adalah penyakit gangguan metabolisme karena terganggunga produk insulin dan tingginya kandungan gula darah yang disebut hiperglikemi, bersifat degeneratif yang tidak dapat disembuhkan. Penatalaksanaan penyakit diabetes melitus dapat dilakukan dengan diet diabetes sehingga tidak terjadi komplikassi vaskuler serta neuropatik.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien diabetes melitus di RSUD Ulin Banjarmasin.
Metode: Rancangan Penelitian ini bersifat korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel non probability sampling dan menggunakan teknik accidental sampling dengan responden 53 orang. Data diambil menggunakan kuesioner HDFSS (Hensarling Diabetes Family Support Scale) dan kepatuhan diet.
Hasil: Tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien diabetes melitus di RSUD Ulin dengan nilai p value > α (0,106>0,05).
Pembahasan: Kepatuhan diet merupakan peranan penting dalam melaksankan penatalaksanaan diabetes melitus, apabila pasien diabetes melitus mampu melaksanakan kepatuhan diet dengan baik maka diabetes melitus dapat mencegah terjadinya komplikasi dan meningkatkan kualitas hidup pasien.
Kata-kata kunci: Diabetes Melitus, Dukungan keluarga, Kepatuhan Diet

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI