DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DIKOMBINASIKAN DENGAN KUMON DI SDN TUHURAN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:YURDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


Yurdani. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengolahan Data Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dikombinasikan dengan Kumon di SDN Tuhuran Hulu Sungai Utara”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs.Sutiyarso, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Pengolahan Data, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM),Kumon.

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan aktivitas guru Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa berupa pengolahan data pada muatan Matematika.Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa dalam meningkatkan hasil belajar.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, serta hasil belajar yaitu melalui penggunaan model pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah dikombinasikan dengan kumon.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Tuhuran tahun pelajaran 2020/2021sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatifdan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu.Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampaiIV meningkat dari skor 21 menjadi skor 24. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 62% menjadi 93%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan dari 30% hingga 100%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 30% menjadi 100% secara klasikal.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dikombinasikan dengan Kumon dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI