DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT MENGGUNAKAN MODEL KOMBINASI MIND MAPPING DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN MELAYU 11 BANJARMASIN
PENGARANG:GINA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


                                                        ABSTRAK

Amalia, Gina. 2021. Meningkatkan Akitivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKn Materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Menggunakan Model Kombinasi Mind Mapping dan Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SDN Melayu 11 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat, Mind Mapping, dan Number Head Together

 

Permasalahan dalam penelitian ini  adalah aktivitas dan hasil beajar siswa belum optimal. Permasalahan ini disebabkan karena pembelajaran bersifat satu arah, kegiatan pembelajaran kurang bervariatif, siswa kurang dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran, dan pembelajaran tidak bermakna. Untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model kombinasi Mind Mapping  dan Number Head Together karena diyakini dapat membantu siswa untuk berpikir kritis, aktif pada saat kegiatan pembelajaran dan lebih percaya diri untuk mengungkapkan pendapatnya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yakni siswa kelas V semester genap SDN Melayu 11 Banjarmasin tahun ajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses pembelajaran dan teknik analisis data berupa frekuensi, persentase dan deskripsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktvitas guru dalam melaksanakan pembelajaran berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni 80% siswa mendapatkan nilai 75.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kombinasi Mind Mapping dan Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. saran kepada guru hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keberagaman sosial budaya masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI