DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA ASPEK MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL COOVERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DIVARIASI DENGAN MODEL NUMBER HEARD TOGETHER SISWA KELAS 5 SDN RANGDA MALINGKUNG 4 KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:LETA RAHMITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


ABSTRAK

Rahmita, Leta, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Number Head Together Siswa Kelas 5 SDN Rangda Malingkung Kabupaten Tapin. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd Kata Kunci: Menulis Karangan Deskripsi, Cooperative Integrated Reading and Composition, Number Heads Together Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Rangda Malingkung 4 Kabupaten Tapin. Penyebab dari masalah tersebut adalah proses belajar mengajar yang disampaikan oleh guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, kurangnya interaksi dan komunikasi dalam pembelajaran. Sehingga membuat pembelajaran menjadi membosankan dan siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, akhirnya hasil belajar siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan adalah 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar, dengan materi menulis deskripsi menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Number Head Together. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Rangda Malingkung 4 Kabupaten Tapin pada semester II tahun ajaran 2020/2021dengan jumlah siswa 25 orang. Data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif yaitu data dari hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dengan Teknik deskripsi, dan digambarkan dalam bentuk table dan grafik dan diinterpretasikan menggunakan kriteria setiap indicator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai skor 19 dengan kriteria baik, pertemuan 2 mencapai skor 21 dengan kriteria baik. Siklus II pertemuan 1 mencapai skor 24 dengan kriteria sangat baik dan pertemuan 2 mencapai skor 27 dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal siklus I pertemuan 1 mencapai 60%, pertemuan 2 mencapai 68% dan siklus II pertemuan 1 mencapai 72% dan pertemuan 2 mencapai 88%. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar meningkat mencapai ketuntasan secara individual dan klasikal menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dengan Number Head Together pada materi menulis deskripsi. Hasil penelitian ini dapat disarankan, sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam menentukan dan memilih model pembelajaran dalam upaya meningkatkan pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI