DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) (Studi Pada BUMDes Amanah Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan).
PENGARANG:MUHAMMAD ANUGRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


ABSTRAK

Muhammad Anugrah, 1720421310024, 2021. Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) (Studi Pada BUMDes Amanah Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan). Dibawah bimbingan Dosen Pembimbing I Bachruddin Ali Akhmad dan Dosen Pembimbing II Jamaluddin.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi peluang yang sangat besar bagi setiap Desa untuk mengembangkan potensi dan aset desa dalam rangka meningkatkan perekonomian desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala telah mendirikan BUMDes sejak tahun 2012 yang modalnya bersumber dari dana hibah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan usaha simpan pinjam dan ternak sapi. Peran Pemerintah Desa dalam hal pembinaan dan penyertaan modal masih dianggap kurang oleh pengelola BUMDes sehingga berdampak pada proses pemberdayaan masyarakat terutama pemberdayaan usaha masyarakat melalui BUMDes.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Peran Pemerintah Desa dalam memberdayakan masyarakat melalui BUMDes. 2) Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes yang dilakukan Pemerintah Desa. 3) Faktor penghambat dan pendukung Pemerintah Desa dalam memberdayakan masyarakat melalui BUMDes.

Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber pertama yangberkaitan langsung dengan objek penelitian dengan instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Pemerintah Desa dalam memberdayakan masyarakat melalui BUMDes di Desa Karang Indah adalah dengan memberikan akses usaha kepada masyarakat melalui pembentukan BUMDes, meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberikan manfaat kepada masyarakat melalui unit usaha BUMDes. Pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes yang dilakukan Pemerintah Desa Karang Indah adalah dengan mendukung usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat Desa seperti usaha ternak sapi, memberikan simpan pinjam kepada masyarakat, menyerahkan pengelolaan air bersih kepada BUMDes dan memberikan penyertaan modal kepada BUMDes untuk membuka unit usaha baru. Faktor penghambat Pemerintah Desa Karang Indah dalam memberdayakan masyarakat melalui BUMDes adalah kredit macet nasabah, kurangnya modal, kematian sapi, sulitnya mencari pakan yang bagus, biaya operasional dan belum adanya SDM pengelola alat. Sedangkan faktor pendukungnya adalah partisipasi masyarakat dan potensi yang dimiliki oleh Desa Karang Indah itu sendiri.

Adapun saran dari hasil penelitian ini adalah untuk Pemerintah Desa Karang Indah agar dapat melalukan pembinaan kepada BUMDes dalam mengembangkan usahanya. Karena melalui BUMDes Desa dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Untuk pengurus BUMDes, diharapkan mampu mengembangkan usaha yang dijalankan BUMDes dengan tetap memperhatikan potensi desa sendiri dan memanfaatkan aset-aset yang ada di desa.

Kata Kunci : BUMDes

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI