DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kualitas Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:RAHMAT MAIDIYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


ABSTRAK

Rahmat Maidiyanto, 1720421310031, 2021. Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kualitas Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Asmu'i, Andi Tenri Sompa

Pemerintah daerah dan instansi pemerintah didalamnya memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan daerah. Salah satu instansi yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel yaitu Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel. Setiap instansi pemerintah dituntut untuk dapat mengoptimalkan kinerja pegawainya, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain motivasi kerja, lingkungan kerja dan kualitas komunikasi.

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh Motivasi Kerja, lingkungan kerja, dan kualitas komunikasi terhadap kinerja pegawai secara parsial di Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, pengaruh Lingkungan Kerja terhadap kinerja pegawai di Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel dan apakah ada pengaruh Motivasi Kerja, lingkungan kerja, dan kualitas komunikasi terhadap kinerja pegawai secara simultan di Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan pada pegawai di Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, dimana sampel penelitian berjumlah 184 orang dari populasi 342 orang pegawai PNS. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan teknik pengolahan data yang dipakai adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik serta analisis regresi berganda. Untuk memudahkan pengolahan data digunakan bantuan aplikasi komputer Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 20 for Windows.

Hasil penelitian di Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel menunjukkan bahwa Motivasi Kerja, lingkungan kerja, dan kualitas komunikasi terhadap kinerja pegawai disana dalam keadaan sangat baik. Untuk motivasi kerja t hitung 7.146 > t tabel 1.653 dengan taraf signifikan 0.000 < 0,05, untuk variabel lingkungan kerja t hitung 5.331 > t tabel 1.653 dengan taraf signifikan 0.000 < 0,05, dan untuk variabel kualitas komunikasi t hitung 6.724 > t tabel 1.653 dengan taraf signifikan 0.000 < 0,05. Artinya motivasi kerja, lingkungan kerja dan kualitas komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja. Kemudian hasil uji F menunjukkan dengan nilai 0.000 < 0,05, dengan nilai F hitung 87.901 > F tabel 2.65, artinya variabel motivasi kerja, lingkungan kerja dan kualitas komunikasi berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja. Selain itu koefesien determinasi nilai R Square sebesar 0,594 yang berarti besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah 59,4%, sedangkan 41,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian ini.

Hasil Penelitian ini menjadi saran dan bahan masukan bagi pimpinan di Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, untuk mengambil kebijakan dan langkah strategis untuk lebih meningkatkan motivasi kerja pegawai, menciptakan lingkungan kerja yang baik, serta membangun kualitas komunikasi yang lebih baik antara pimpinan dan bawahan demi kinerja pegawai yang lebih baik kedepannya.

Kata Kunci : Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kualitas Komunikasi, Kinerja Pegawai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI