DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PELAKSANAAN LAYANAN KUNJUNGAN RUMAH (HOME VISIT) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UCLA (UNIVERSITY OF CALIFORNIA IN LOS ANGELES) DI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:Ramdani Wicahyati S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


ABSTRAK

 

Ramdani Wicahyati S. 2021. Evaluasi Pelaksanaan Layanan Kunjungan Rumah (Home Visit) dengan Menggunakan Model UCLA (University Of California In Los Angeles) Di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Pembimbing : (1) Dr. Ali Rachman, M. Pd. (II) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi, M. Pd

 

Kata kunci: Evaluasi Pelaksanaan Layanan Kunjungan Rumah (Home Visit), Model UCLA

 

Salah satu layanan pendukung dalam Bimbingan dan Konseling adalah kunjungan rumah (home visit). Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pelaksanaan layanan kunjungan rumah di SMA Negeri 2 Banjarmasin ini diberikan, apakah sudah berjalan sesuai dengan evaluasi model UCLA (need assessment, program planning, formative evaluation dan summative evaluation).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi program. Sasaran objek penelitian ini adalah pelaksanaan layanan kunjungan rumah (home visit). Subjek penelitian ini ialah Guru BK dan siswa di SMA Negeri 2 Banjarmasin.

Berdasarkan hasil penelitian, layanan kunjungan rumah (home visit) di SMA Negeri 2 Banjarmasin pada aspek need assessment sudah efektif karena sesuai dengan langkah-langkah kriteria evaluasi. (2) program planning cukup efektif karena pada indikator menyiapkan kelengkapan administrasi masih berjalan kurang maksimal. (3) formative evaluation cukup efektif karena pada pelaksanaan berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan namun masih memerlukan persiapan yang lebih matang. (4) summative evaluation cukup efektif. Dari keempat aspek tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan kunjungan rumah (home visit) yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banjarmasin berjalan baik dan efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI