DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa sma 1 bati-bati pada proses pembelajaran daring
PENGARANG:NURSAPTA MAULINA-060
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


Untuk meminimalisirkan penularan virus COVID-19 kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah menggunakan media daring yang mana hal tersebut akan mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran matematika. Pada penelitian ini, memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara dukungan sosial keluarga dengan prestasi belajar matematika di masa pembelajaran daring. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa-siswi SMA 1 Bati-bati yang berjumlah 192 orang yang terdiri dari kelas 10 dan 11 jurusan MIA (Matematika, Ilmu Alam), dengan 88 siswa kelas X-Mia dan 104 siswa kelas XI-Mia. Jenis sampling pada penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala PSS-Family oleh Procadino dan Heller (1983) melalui google form. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara dukungan sosial keluarga terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai t hitung = 2.352 dengan nilai signifikansi 0,045. Nilai koefisien regresi yang bernilai positif yaitu 4.086 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dukungan sosial keluarga dengan prestasi belajar matematika siswa SMA 1 Bati-bati yang sedang belajar daring.

 

Kata kunci: Pembelajaran daring, dukungan sosial keluarga, prestasi belajar matematika

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI