DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Pengelolaan Keuangan Desa Pada Desa Bihara Hilir Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan
PENGARANG:HUDI DARMAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


ABSTRAK

Hudi Darmawan, 1620421310006, 2020. Efektivitas Pengelolaan Keuangan Desa Pada Desa Bihara Hilir Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Dosen Pembimbing I oleh Budi Suryadi dan Dosen Pembimbing II oleh Riduansyah Syafari.

Porsi anggran yang besar telah dikeluarkan oleh pemerintah terhadap pembangunan desa yang berbasis pada peningkatan perekonomian masyarakat melalui pengelolaan keuangan desa oleh pemerintah desa. Masyarakat di Kecamatan Awayan masih perlu untuk diberi pemahaman tentang pentingnya perannya terhadap pengelolaan keuangan desa. Upaya tersebut dilakukan dengan cara mesosialisasikan suruh kegiatan pengelolaan desa sehingga masyarakat dengan sendirinya akan merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut serta dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel. Adapun untuk Desa Bihara Hilir sebagai lokus penelitian pada tahun 2017 DDs yang disalurkan sebesar Rp. 755.920.000,- dengan realisasi mencapai 90,31% dan di tahun 2018 DDs yang tersalur sebesar RP. 648.260.000,- deanga realisasi mencapai 100%. Dapat terlihat pada data tersebut ada penurunan dalam penyaluran DDs sebesar 14,24%. Tetapi dengan menurunnya DDs tersebut di tahun 2019 untuk Desa Bihara Hilir berdasarkan status desa yang awal nya merupakan desa berkembang menjadi desa maju (Kemendes RI 2019). Hal tersebut lah yang menjadi pertanyaan sejauh mana pengelolaan keuangan desa yang diperoleh sehingga menjadikan Desa Bihara Hilir memperoleh predikat desa maju.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang efektifitas pengelolaan keuangan Desa Bihara Hilir Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Dengan menggunakan pendekatan ini peneliti bermaksud untuk memahmi situasi sosial secara mendalam, menemukan pola, hipotesis dan teori.

Berdasarkan hasil dan pembahasan pada Bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut, yaitu: 1.Efektifitas pengelolaan keuangan Desa oleh Pemerintah Desa Bihara Hilir pada tahun 2018 dalam pencapaian tujuan di APBDesa untuk belanja mencapai target yang ditetapkan atau bernilai 94,08 % sedangkan untuk pendapatan sebesar 97,72 %. 2.Pencapaian tujuan pengelolaan keuangan Desa Bihara Hilir berlangsung efektif sesuai dengan perspektif optimisasi tujuan, perspektif system, perpesktif perilaku manusia, karakteristik organisasi, karakteristik lingkungan. 3.Faktor yang menjadi kendala pelaksanaan pengelolaan keuangan desa, yang pertama berasal dari dalam yaitu kurangnya pengalaman dan kemampuan aparat Desa Bihara Hilir terhadap aturan baru dan yang kedua hambatan yang berasal dari luar seperti tidak dapat diakomodirnya semua usulan warga dalam APBDesa karena terbatasnya anggaran dan yang kedua pencairan anggaran desa yang lambat masuk ke rekening kas desa.

Kata Kunci : Efektivitas Pengelolaan Keuangan Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI