DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET UNTUK BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 1 BATI-BATI SELAMA MASA PEMBELAJARAN DARING
PENGARANG:PUTRI NURAZIZA -359
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-27


ABSTRAK

 

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET UNTUK BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 1 BATI-BATI SELAMA MASA PEMBELAJARAN DARING

 

Putri Nuraziza

 

Pendidikan ialah usaha untuk membantu pertumbuhan perkembangan manusia, selama masa pembelajaran dalam jaringan (daring) pendidikan dapat dilakukan dengan memanfaatkan media internet untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan internet untuk belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMAN 1 Bati-bati selama masa pembelajaran daring. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh 128 siswa kelas X dan XI jurusan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) sebagai subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan skala social networking questionnaire oleh Gupta dan Bashir (2018) dan dokumentasi nilai rapot. Metode analisis yang digunakan ialah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh intensitas penggunaan internet untuk belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan t hitung = 4,338 dengan signifikansi 0,000. Nilai koefisien regresi sebesar 0,147 yang bernilai positif, artinya terjadi pengaruh positif antara intensitas penggunaan internet untuk belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, semakin tinggi prestasi belajar matematika maka semakin tinggi intensitas penggunaan penggunaan internet siswa SMAN 1 Bati-Bati selama masa pembelajaran daring.

 

Kata kunci : Intensitas penggunaan internet, prestasi belajar, siswa 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI