DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS ,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GINTAMA PADA SISWA KELAS IV SDN MARABAHAN BARU
PENGARANG:FIKRI HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-28


ABSTRAK

Hidayat,Fikri ,2021.Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Menggunakan Model GINTAMA Pada Siswa Kelas IV SDN Marabahan BaruSkripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin PembimbingDr.Hj.Asniwati,S.Pd,.M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar GINTAMAGroup Investigation, Numbured Head TogetherMake a Match.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan motivasi siswa dalam pembelajaran, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn tema Daerah Tempat Tinggalku  kelas IV SDN Marabahan Baru. Hal ini disebabkan cara belajar yang kurang variatif dan kurang menarik motivasi siswa. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran GINTAMA yang merupakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Head TogetherMake a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Marabahan Baru tahun pelajaran 2020/2021, jumlah siswa sebanyak 22 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi siswa. Data kuantitaif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisa data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan dan indicator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 Cukup Aktif, pertemuan II Cukup Aktif , pertemuan III Aktif, dan pertemuan IV aktif. Motivasi siswa pada pertemuan I memperoleh kategori cukup aktif, pertemuan II cukup aktif, pertemuan III aktif dan pertemuan IV aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I tida tuntas, pertemuan II mencapai tuntas, pertemuan III tuntas dan pertemuan IV tuntas. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model GINTAMA dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI