DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Komitmen Tugas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 1 Bati-Bati Selama Proses Pembelajaran Daring
PENGARANG:FITRIANI-725
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-28


ABSTRAK

PENGARUH KOMITMEN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 1 BATI-BATI SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING

Fitriani

Berbagai keluhan terkait pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 berdampak pada prestasi belajar, khususnya pada mata pelajaran matematika dimana seringkali dianggap sebagai pelajaran yang sulit sehingga dibutuhkan motivasi dalam pengerjaannya. Salah satu motivasi internal yang memotivasi seseorang bersikap ulet dan tekun menyelesaikan tugas, walau banyak halangan disebut komitmen tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen tugas terhadap prestasi belajar matematika siswa SMAN 1 Bati-Bati selama proses pembelajaran daring. Populasi pada penelitian ini sebanyak 192 orang yang merupakan siswa SMAN 1 Bati-Bati kelas 10 dan 11 siswa SMAN 1 Bati-Bati jurusan MIA (Matematika dan Ilmu Alam) dengan sampel sebanyak 128 yang dipilih secara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan satu alat ukur, yakni skala komitmen tugas dan pengambilan nilai UAS Matematika tahun ajaran 2020/2021. Analisa data menggunakan analisis regresi linear sederhana melalui program SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis regresi didapatkan pengaruh komitmen tugas terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai t hitung = 1,988 dengan nilai signifikan 0,049. Nilai koefisien regresi yang bernilai positif yaitu 0,400 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif komitmen tugas terhadap prestasi belajar matematika, semakin tinggi komitmen tugas maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa SMAN 1 Bati-Bati yang sedang belajar daring, begitu pula sebaliknya.

Kata kunci: Pembelajaran daring, komitmen tugas, prestasi belajar matematika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI