DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN PKN DENGAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, TWO STRAY TWO STAY DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS 4 SDN 2 MANGUNANG SEBERANG KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:JULAIHA ADHA DIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-28


ABSTRAK

 

Adha Dianti, Julaiha. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Indahnya Keberagaman Di  Negeriku  Muatan  PKN  Dengan Kombinasi Model ‘Group Investigation, Two Stray Two Stay Dan Course Review Horay’ Pada  Siswa Kelas 4SDN 2 Mangunang Seberang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Group Investigation (GI), Two Stray Two Stay (TSTS)dan course Review Hora (CRH).

 

            Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, pembelajaran yang tidak mengembangkan konsep berpikir secara konteksual , dan proses pembelajaran yang membosankan sehingga kurang bermakna bagi siswa. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran muatan PKn materi keberagaman di Indonesia di kelas IV SDN 2 Mangunang Seberang. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi model Group Investigation (GI), Two Stray Two Stay (TSTS), dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, kualitatif melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktvitas guru dari pertemuan 1 dengan kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 38%, pertemuan II memperoleh 76%, dan pertemuan III mencapai 92%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I aspek kognitif memperoleh 30%, aspek afektif 38%, dan aspek psikomotorik 69%. Pertemuan II aspek kognitif 61%, aspek afektif 69%, dan aspek psikomotorik 77%. Pertemuan III  aspek kognitif 92%, aspek afektif 84%, dan aspek psikomotorik 92% .

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran muatan PKn  materi keberagaman di Indonesia dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Two Stray Two Stay, dan Course Review Horaydapat meningkatkan dari segi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 2 Mangunang Seberang. Oleh karena itu, model kombinasi ini dapat dijadikan alternatif serta bahan pertimbangan dalam pengguanan model pembelajaran di dalam kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI