DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GAME HORAY DI KELAS IV SDN LOKLA- HUNG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:HILDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-28


ABSTRAK

Hildawati. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Game Horay di Kelas IV SDN Loklahung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi 

Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd 

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, model pembelajaran Game Horay, Group Investigation, Numbered Heads Together, Course Review Horay. 

                         

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas, minat dan  motivasi belajar siswa. Sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Loklahung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran bersifat satu arah. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Game Horay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripasikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Keberagaman Karakteristik Individu. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Loklahung Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 8 orang. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.  

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 37,5%, pertemuan II mencapai 62,5%, pertemuan III mencapai 87,5%, dan pertemuan IV mencapai 100%.  

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa pada materi Keberagaman Karateristik Individu di kelas IV SDN Loklahung Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan hipotesis dapat diterima. Disarankan jika menggunakan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI