DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA BOWLING KOMBINASI MODEL EXPRIMENT (Model Explicit Instruction, Metode Bermain Dan Pemberian Tugas) PADA KELOMPOK B TK MAWAR HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:RIMA HARDIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-28


Rima Hardianti. 2021. “Mengembangkan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Bowling Kombinasi Model Expriment (Model Explicit Instruction, Metode Bermain dan Pemberian Tugas) Pada Kelompok B Tk Mawar Hulu Sungai Tengah” Skripsi, Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing Dr. Ali Rachman, M.Pd.

Kata Kunci: Kognitif,  Media Bowling, Model explicit instruction, metode bermain dan pemberian tugas

 

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada anak Kelompok B TK Mawar, karena rendahnya hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan. Hal ini terjadi karena anak sering lupa ketika mengingat konsep bilangan mengenal lambang bilangan 1-20, kurangnya daya tangkap anak dalam mengikuti pembelajaran, dan anak kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsep  bilangan melalui Media Bowling kombinasi Model Explicit Instruction, dengan Metode Bermain dan Pemberian Tugas pada anak kelompok B TK Mawar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam mengenal konsep bilangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data menggunakan analisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Penelitian ini dilakukan dalam 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B TK Mawar dengan jumlah anak sebanyak 23 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Dengan indikator keberhasilan aktivitas guru memperoleh skor ≥27  dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh ≥81% dengan kriteria sangat aktif dan hasil capaian perkembangan kognitif apabila ketuntasan klasikal anak mencapai skor ≥80% berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru saat mengembangkan kemampuan kognitif anak  menggunakan Media Bowling kombinasi model Explicit Instructin, metode Bermain dan Pemberian Tugas yaitu mendapatkan kriteria Sangat Baik dengan skor 30, (2) Aktivitas anak mendapat kriteria Sangat Aktif dengan presentase 82,61%, (3) Hasil pencapaian perkembangan kemampuan kognitif anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan dengan mendapatkan kriteria berkembang sangat baik (BSH) dengan presentase 82,61%.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas  anak, dan hasil capaian perkembangan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan menggunakan Media Bowling kombinasi Model Explicit Instruction, metode Bermain dan Pemberian Tugas berhasil meningkat dan berkembang. Maka disarankan kepada guru supaya dapat dijadikan bahan masukan dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak pada aspek mengenal konsep bilangan dan menjadikan Media Bowling kombinasi model Explicit Instruction, dengan Metode Bermain, dan Pemberian Tugas ini sebagai salah satu bahan pembelajaran alternatif dalam upaya sebagai metode pembelajaran yang dapat membuat anak aktif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI