DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH FRAKSI VOLUME TERHADAP HASIL UJI KARAKTERISTIK PAPAN KOMPOSIT POLYESTER – SERBUK KAYU ULIN (EUSIDEROXYLON ZWAGERI)
PENGARANG:SAMUEL T.H.M
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-02-26


PENGARUH FRAKSI VOLUME TERHADAP HASILUJI KARAKTERISTIK PAPAN KOMPOSIT POLYESTER – SERBUK KAYU ULIN (EUSIDEROXYLON ZWAGERI)
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari fraksi volume terhadap hasil uji karakteristik pada papan komposit serbuk kayu ulin, dan mengetahui nilai terbaik antara uji kekuatan bending, dan impak pada papan komposit serbuk kayu ulin.dan jenis patahannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan dua variabel terikat (bending dan impak). Obyek dalam penelitian ini menggunakan serbuk kayu ulin. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskreptif yaitu menggambarkan hasil penelitian secara grafis dalam tabel. Parameter input pada penganalisaan data meliputi : variasi campuran serbuk kayu ulin dan resin (60%-40% dan 70%-30%), Papan komposit PT.Barito Pasific, bending, dan impak. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan nilai kekuatan bending dan impak. Dari hasil pengujian kekuatan banding didapatkan nilai tertinggi pada fraksi volume 60% serbuk kayu ulin – 40% polyester sebesar 9,984 MPa, berturut-turut pada nilai terendah yaitu fraksi volume 70% serbuk kayu ulin – 30% polyester sebesar 9,765 MPa, dan papan komposit Barito Pasific sebesar 8,164 MPa. Sedangkan dari hasil pengujian kekuatan impak didapatkan nilai tertinggi pada fraksi volume 60% serbuk kayu ulin – 40% polyester sebesar 0,0076 joule/mm2, berturut-turut pada nilai terendah yaitu papan komposit Barito Pasific sebesar 0,0041 joule/mm2, dan fraksi volume 70% serbuk kayu ulin – 30% polyester sebesar 0,0033 joule/mm2.
Kata Kunci : variasi campuran serbuk kayu ulin dan resin (60%-40% dan 70%-30%), Serbuk kayu ulin, bending, impak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI