DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV SDN 1 PADANG LUAS KABUPATEN TANAH LAUT | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD HADI SAPUTRA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-10-29 |
Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa di kelas IV SDN 1 Padang Luas Kabupaten Tanah Laut yang diakibatkan oleh
proses pembelajaran yang berjalan satu arah, cenderung monoton, kegiatan pembelajaran
cenderung terpaku pada buku teks sehingga membuat pembelajaran menjadi tidak menarik
dan menyenangkan bagi siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi
model Group Investigation (GI), Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dan
Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menganalisis aktivitas guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa dalam mengikuti
pembelajaran, dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas IV SDN 1 Padang Luas
pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang.
Teknik pengumpulan data melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan
hasil belajar menggunakan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik
deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan melalui tabel, grafik dan interpretasi
dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh
skor 30 kriteria “Baik”, lalu meningkat pada pertemuan 3 menjadi 40 dengan kriteria
“Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari pertemuan 1
memperoleh 45,4% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi
90,9% kriteria “Sangat Aktif”. Adapun ketuntasan klasikal hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan dari pertemuan 1 memperoleh 36,3%, kemudian meningkat pada
pertemuan 3 menjadi 90,9%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Grup
Investigation (GI), Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dan Course
Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan
bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan salah
satu bahan pertimbangan dalam menggunakan model pembelajaran khususnya pada
muatan IPS yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI