DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY DAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV SDN 1 PADANG LUAS KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:MUHAMMAD HADI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-29


Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan rendahnya aktivitas dan hasil belajar 

siswa di kelas IV SDN 1 Padang Luas Kabupaten Tanah Laut yang diakibatkan oleh 

proses pembelajaran yang berjalan satu arah, cenderung monoton, kegiatan pembelajaran 

cenderung terpaku pada buku teks sehingga membuat pembelajaran menjadi tidak menarik 

dan menyenangkan bagi siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk 

meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi 

model Group Investigation (GI), Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dan 

Course Review Horay (CRH). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan 

menganalisis aktivitas guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa dalam mengikuti 

pembelajaran, dan hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian 

tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas IV SDN 1 Padang Luas

pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang. 

Teknik pengumpulan data melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan 

hasil belajar menggunakan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik 

deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan melalui tabel, grafik dan interpretasi 

dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh 

skor 30 kriteria “Baik”, lalu meningkat pada pertemuan 3 menjadi 40 dengan kriteria 

“Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari pertemuan 1 

memperoleh 45,4% kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 

90,9% kriteria “Sangat Aktif”. Adapun ketuntasan klasikal hasil belajar siswa juga 

mengalami peningkatan dari pertemuan 1 memperoleh 36,3%, kemudian meningkat pada 

pertemuan 3 menjadi 90,9%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Grup 

Investigation (GI), Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dan Course 

Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan 

bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan salah 

satu bahan pertimbangan dalam menggunakan model pembelajaran khususnya pada 

muatan IPS yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI