DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INKUIRI TERBIMBING, COURSE REVIEW HORAY (CRH), DAN MEDIA REALIA KELAS IV B SDN MANTUIL 2 BANJARMASIN
PENGARANG:KAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-29


Kamilah. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Course Review Horay (CRH), dan Media Realia. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Muhsinah Annisa, S. Si., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Course Review Horay (CRH), Media Realia.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar materi hubungan gaya dan gerak. Penyebabnya adalah siswa kurang antusias dalam pembelajaran, siswa belum mampu mengembangkan konsep ilmiah, dan proses pembelajaran yang masih belum bervariatif. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Course Review Horay (CRH), dan Media Realia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas IV B SDN Mantuil 2 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan di kelas IV B SDN Mantuil 2 Banjarmasin tahun 2020/2021, jumlah siswa sebanyak 7 siswa yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis yang dijabarkan dengan tabel grafik dan interprestasi dengan indikator keberhasilan.

Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Course Review Horay (CRH), dan Media Realia bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dari pertemuan 1 meningkat menjadi 88,88 dengan kategori Sangat Baik pada pertemuan 4. Aktivitas siswa secara klasikal meningkat dari 43% pertemuan 1 menjadi 86% pada pertemuan 4. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif disiklus 1 memperoleh 71% dan pada pertemuan 4 mencapai 100%. Pada pertemuan 1 aspek afektif memperoleh 14% menjadi 86% pada pertemuan 4. Aspek psikomotor pertemuan 1 memperoleh 29% menjadi 86% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing,Course Review Horay(CRH), dan Media Realiadapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kelas IV B SDN Mantuil 2 Banjarmasin. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI