DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL CERIA PADA KELAS IV SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN
PENGARANG:VIETA PURNAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-29


 

Purnama, Vieta (2021) Meningkatkan Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Muatan IPA Menggunakan Model Ceria Pada Kelas IV SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Faqihatuddiniyah, M.Pd.

 

 

 

Kata  Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Ceria

 

 

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan siswa belum berpikir kritis, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) serta siswa masih sulit mengaitkan materi dalam kehidupan sehari-hari. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Ceria dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 2, Kota Banjarmasin yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 7 orang siswa laki-laki, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 22 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV dengan skor 28 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 25% dengan kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi 95% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 45% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 95%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Ceria dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa.


 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI