DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME KUBUS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN HILIR MESJID KECAMATAN ANJIR PASAR KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-29


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa yang di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan kombinasi model Group Investigationdan Course Review Horay(CRH) 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 Siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, dengan jumlah siswa sebanyak 8 orang, sebanyak 8 orang perempuan dan sebenyak 0 siswa laki laki . Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan guru.Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwapenggunaan kombinasi model Group Investigation dan Course Review Horay, dapat diketahui aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor  23 dengan kategori “Samgat Baik” dan siklus II memperoleh skor 23 dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa diperoleh sebesar 50% dengan kriteria cukup aktif dan 37.5% dengan kreteria aktif sedangkan pada pelaksanaan di siklus II diperoleh kriteria sangat aktif dengan peningkatan aktivitas sebesar 75%.Hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 37,5% menjadi 87,5% pada pembelajaran di siklus II. Maka hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian ini sudah dapat dikatakan sudah mencapai indicator yang telah ditetapkan pada sebelumnya yaitu siswwa dapat dikatakan sudah tuntas apabila telah mendapatkan nilai ≥70 dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation danCourse Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Volume Kubus. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Group Investigation danCourse Review Horay dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI