DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara
PENGARANG:AHMAD MARIFATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-29


ABSTRAK

 

Ahmad Ma’rifatullah, 2021, Pengaruh Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Mahyuni dan Bachruddin Ali Akhmad.

 

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan komunikasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Setda. Kab. HSU).

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai di Setda. Kab. HSU yaitu sebanyak 93 orang. Menggunakan teknik total sampling, maka sampel penelitian ini berjumlah 93 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif secara persentasi dan analisis regresi linier berganda dengan Uji F (uji simultan) dan Uji T (uji parsial).

Hasil penelitian di Setda. Kab. HSU menunjukkan bahwa komunikasi di sana berada pada tingkat sedang, disiplin kerja pada tingkat tinggi, dan kinerja pegawainya juga pada tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Setda. Kab. HSU. Selanjutnya, untuk disiplin kerja juga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Setda. Kab. HSU. Kemudian variabel komunikasi dan disiplin kerja secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Adapun besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan yaitu sebesar 39,5%, artinya masih ada pengaruh dari faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian ini sebesar 60,5%.

Sebagai bahan masukan bagi Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, agar bisa meningkatkan komunikasi, sehingga tercipta kerjasama dalam melaksanakan pemerintahan yang baik. sehingga kinerja pegawai dapat dicapai secara optimal dan pelayanan kepada masyarakat juga semakin baik.

.

Kata Kunci:  Komunikasi, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI