DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE EKSPERIMEN DAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS V SDN ANJIR SERAPAT MUARA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ISTIQOMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-29


Istiqomah. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Perubahan Suhu dan Wujud Benda Menggunakan Kombinasi Metode Eksperimen dan Model Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas V SDN Anjir Serapat Muara Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Eksperimen, Teams Games Tournament

 

Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Anjir Serapat Muara Kabupaten Barito Kuala adalah aktivitas dan hasil belajar yang belum optimal. Hal ini karena pembelajaran berpusat pada guru, anak belum terlibat langsung dalam proses pembelajaran, siswa belum dapat berpikir secara ilmiah, dan pembelajaran yang bersifat menghapal. Jika dibiarkan siswa tidak dapat mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Eksperimen dengan Teams Games Tournament (TGT).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk  meningkatkan hasil belajar siswa.  

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Seeting penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Anjir Serapat Muara Kabupaten Barito Kuala tahun 2020/2021 yang berjumlah 38 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif”, dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian dengan menggunakan kombinasi metode eksperimen dan model Teams Games Tournament (TGT) ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dapat terlaksana dengan kriteria baik dan pada pertemuan 2 dapat terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai  kriteria sebagian besar aktif dan pada pertemuan 2  mencapai kriteria hampir seluruhnya aktif. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, pada pertemuan 1 mencapai 78% dan terjadi peningkatan 92% pada pertemuan 2 dengan KKM ≥ 70.

Berdasarkan  hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA materi perubahan suhu dan wujud benda dengan menggunakan kombinasi metode eksperimen dan model Teams Games Tournament meningkat dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal.  Disarankan metode dan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI