DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PKN MENGGUNAKAN MODEL MIT DENGAN PPT INTERAKTIF DI SDN KARANG INTAN 1
PENGARANG:MUHAMAD YOPI APRIZQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-30


Aprizqi, YopiMuhamad. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Keragaman Karakteristik Individu dalam kehidupan sehari-hari dengan Menggunakan Model MIT dengan PPT Interaktif  (Mind Mapping,Inside Outside Circledan Talking Stick)Pada Kelas IV SDN KARANG INTAN 1. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Zain Ahmad Fauzi, M.Pd.

 

Kata  Kunci:  Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model MIT dengan PPT Interaktif.

 

Permasalahan penelitian ini adalah siswa yang masih pasif, cepat merasa bosan, dan kurangnya penguasaan siswa terhadap muatan PKn pada materi keragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas IV SDN Karang Intan 1 yang mengakibatkan hasil belajar siswa yang belum maksimal dalam pencapaian KKM yang disebabkan rendahnya keterlibatan siswa aktif. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Keragaman Karakteristik Individu dalam kehidupan sehari-hari dengan ModelMIT (Mind Mapping,Inside Outside Circledan Talking Stick)dengan PPT Interaktif.

Penelitian  ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas IV SDN KARANG INTAN 1.Dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Data dihasilkan dengan lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptifdan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru sudah terlaksana dengan kriteria “Baik” dan meningkat pada pertemuan selanjutnya dengan kriteria “Sangat baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh 90% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I memperoleh 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model MIT dengan PPT Interaktifdapat meningkatkan aktivitasdan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas permbelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI