DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM SOLVING, NHT, DAN SCRAMBEL SISWA KELAS 4
PENGARANG:MARIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-10-30


Ulfah, Maria. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Ips Menggunakan

Kombinasi Model Problem Solvimg, NHT, dan Scrambel Siswa Kelas 4 SDN

Loklahung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi Program Pendidikan

Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas

Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Problem Solving, Numbered Heads

Together, Scramble

Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa . Hal

ini disebabkan pembelajaran tidak fokus, bersifat satu arah dan pembelajran tidak

menyenangkan yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas 4 SDN

Loklahung pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi, dimana KKM

pembelajaran IPS adalah ≥70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan

inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan Model Pembelajaran Problem

Solving, Numbered Heads Together (NHT) Dan Scramble. Penelitian ini bertujuan

untuk mendiskripsikan keterlaksanaannya aktivitas guru, aktivitas siswa, dan

peningkatan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian

Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan

jumlah siswa 8 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik

analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam

penelitian ini adalah jika aktivitas guru mencapai skor >30 kriteria sangat baik,

aktivitas siswa ≥82% siswa berada pada kategori aktif dan sangat aktif, serta hasil

belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80% dari jumlah seluruh siswa yang

mendapatkan nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan

2 mencapai kriteria baik, pada pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat baik.

Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan 2

mencapai kriteria cukup aktif, pada pertemuan 3 mencapai kriteria aktif dan pada

pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal

hasil belajar kognitif mencapai 25%. Pada pertemuan 2 ketuntasan klasikal hasil

belajar pada aspek kognitif mencapai 50%. Pada pertemuan 3 ketuntasan klasikal

hasil belajar kognitif mencapai 62,5%. Pada pertemuan 4 ketuntasan klasikal hasil

belajar kognitif mencapai 87,5%.

Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa kombinasi model Pembelajaran

Problem Solving, Numbered Heads Together (NHT) dan Scramble menunjukkan

aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar siswa

meningkat dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru agar dapat menjadikan

hasil penelitian ini sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam meningkatkan

kualitas proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI